Powered By Blogger

Minggu, 22 Agustus 2010

Terapi Psikis (Psikoterapi)

Psikoterapi adalah perawatan dan penyembuhan terhadap gangguan dan penyakit jiwa dengan cara yang lebih psikologis daripada fisiologis maupun biologis. Istilah ini mencakup beberapa macam teknik yang kesemuanya itu dimaksudkan untuk membantu individu yang emosinya terganggu, sehingga mereka dapat mengembangkan cara yang lebih bermanfaat dalam menghadapi orang lain. Terdapat beberapa perbedaan teknik yang digunakan di dalam psikoterapi. Meski demikian, teknik-teknik dalam psikoterapi kebanyakan memiliki ciri yang sarna, yaitu adanya komunikasi antara klien (penderita) dengan terapis.



Klien didorong untuk dapat mengungkapkan rasa takut, emosi, dan pengalaman-pengalamannya yang tidak menyenangkan secara bebas tanpa ada rasa takut dan malu dicemooh oleh terapisnya. Di lain pihak, seorang terapis juga harns memiliki simpati dan empati, serta mencoba membantu klien mengembangkan cara efektif untuk menangani masalahnya (Atkinson dkk., 1993). 
Saat ini terdapat banyak sekali teknik atau metode psikoterapi akan tetapi beberapa teknik yang sudah umum dan banyak digunakan adalah Psikoanalisa, Terapi Eksistensial Humanistik, dan Terapi Perilaku (Behavioristik)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar